Ide Bermain anak: Melatih Rasa Jijik pada Anak

Beberapa moms disini pasti pernah mendapati bahwa anak kita merasa jijik akan sesuatu hal  Jika memang dirasa hal tersebut masih dalam batas wajar, mungkin bukan suatu masalah bagi kita. Namun, akan menjadi perhatian jika rasa jijik itu menjadi berlebihan terhadap hal yang sepele. Nah ada satu cara untuk mengatasi rasa jijik anak dengan hal yang sangat sederhana.yuk baca selengkapnya mom.

Saya mendapati anak saya terkadang terlalu nyaman dengan suatu hal atau kondisi yang bersih, sehinggga jika dia berada diluar zona bersih nya dia, dia akan merasa tidak nyaman. Tentu ini akan menjadi perhatian tersendiri mengingat mungkin kan tidak selamanya kita selalu setiap jam berada di zona tersebut. Misalkan suatu hari kita diharuskan berpergian keluar kota dimana pasti  jauh dari zona nyaman si kecil. Tentu akan membuat dia menjadi rewel.  Mengantisipasi hal tersebut, maka kini saya mulai melatih Yola untuk mengatasi rasa jijik yang berlebihan itu.

Bahan dan Alat

Saya menggunakan hasil sisa kelapa parut yang sudah digunakan sebagai media pengenalannya. Antara lain bahannya sebagai berikut:

  1. Sisa kelapa parut
  2. mangkuk
  3. air
  4. saringan
  5. Kain lap

santan1

Awalnya Yola merasa enggan untuk bermain melihat tekstur kelapa parut yang baru pertama kalinya dilihat ini. Namun setelah saya memberi contoh, Yola mulai mencoba dan terlihat menikmati dan akhirnya mau mengulangi sendiri.

Cara memainkannya.

Kita meminta anak untuk menyentuh kelapa parut tersebut (disini ada permainan sensorik peraba), kemudian kita meminta untuk memeras dan memindahkan air santan ke salah satu tempat kosong lainnya (disini mengembangkan pergerakan jari tangan) dan kemudian memintanya mengulangi kembali.

santan 2

santan 3

 

Manfaat

Manfaat dari kegiatan ini adalah Anak mampu mengatasi rasa jijik terhadap sesuatu yang dianggapnya bukan zona bersihnya.

Anak mampu meningkatkan kemampuan pergerakan jari tangannya dengan memeras.

Anak mampu meningkatkan perkembangan sensor indera peraba.

Dan yang pasti bermain bersama anak membuat happy loh

ok

Selamat mencoba moms ya

 

Tinggalkan komentar